Wednesday 17 April 2013

Prediksi internet di tahun 2020

Leave a Comment

Baru-baru ini, Eric Schmidt, CEO dari Google mengungkapkan pernyataan yang cukup kontroversial mengenai perkembangan internet.

Eric Schmidt menuliskan satu tweet yang cukup kontroversial:

“For every person online, there are two who are not. By the end of the decade, everyone on Earth will be connected. #NewDigitalAge”

ungkapnya oleh Eric Schmidt melalui akun twiternya  @ericschmidt pada 12 april 2013

Kurang lebih artinya, untuk setiap orang yang terhubung online, ada dua orang yang tidak onlim. Di akhir dekade ini, semua orang di bumi akan terkoneksi dengan Internet.


Dengan kata lain, Eric Schmidt percaya bahwa dalam tujuh tahun ke depan, Internet akan menjangkau ke seluruh bagian dunia ini, bahkan ke tempat di mana tidak ada listrik ataupun memang sedang kesulitan kebutuhan dasar seperti sandang, pangan, ataupun papan. Tentu ini adalah sebuah pernyataan yang cukup berani.

Hal ini mengakibatkan munculnya banyak reaksi keras. Account resmi Eric Schmidt di Google+ dibanjiri oleh komentar-komentar baik yang pro maupun yang kontra.

Bila kita cermati, sebenarnya ide dari Eric Schmidt ini tidak terlalu muluk-muluk juga. Sebagai contoh, Google sedang mendukung dan ikut mengembangkan suatu proyek yang dinamakan GEEKS Without Frontiers yang mana bertujuan untuk mengembangkan suatu teknologi rendah biaya untuk membawa internet nirkabel ke tempat-tempat yang bahkan belum terjangkau internet sekalipun.

Di lain tempat, Samsung sedang mengembangkan proyek yang dapat membuat kontainer-kontainer bekas dari kapal laut menjadi kelas berbasis internet untuk anak-anak di Afrika. Tujuan mereka menjaring anak hingga 2,5 juta pada tahun 2015.

Ini hanya dua proyek yang sudah ada, selanjutnya tentunya kemajuan-kemajuan baru di dunia internet akan makin menyebarkan teknologi ini ke seluruh bagian dunia ini.

Source: BusinessInsider

0 comments:

Post a Comment